Macam-macam Tipe Jaringan dan Jenis Jaringan

Bagi sobat bloger yg ingin tau tentang tipe jaringan langsung sja baca keterangan di bawah :)


TIPE JARINGAN

Tipe jaringan terkait erat dengan sistem operasi jaringan. Ada dua tipe jaringan yaituclient-server dan tipe jaringan peer to peer.
1.    Jaringan Client-Server

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakanfasilitas yang disediakan oleh server. Server di jaringan tipe client-server disebut denganDedicated Server karena murni berperan sebagai penyedia fasilitas untuk workstation danserver tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.

Keunggulan:
·         Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation.
·         Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuahkomputer yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelolaadministrasi dan sistem keamanan jaringan.
·         Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client- server backupdilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakandi dalam jaringan.

Kelemahan:
·         Biaya operasional relatif lebih mahal.
·         Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan Iebih untuk ditugaskan sebagai server.
·         Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalamigangguan maka secara keseluruhan jaringan
·         akan terganggu.

2.    Jaringan  PeerTo Peer

Bila ditinjau dan peran server di kedua tipe jaringan, maka server di janingan tipe peer to peer diistilahkan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

Keunggulan:
·         Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakal fasilitas yangdimilikmnya seperti: harddisk, disk drive, fax/modem, printer.
·         Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengantipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan server yang memiliki kemampuankhusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
·         Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, sehingga bilasa(ah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akanmengalami gangguan.

Kelemahan:
·         Pencarian solusi masalah jaringan relatif Iebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yangada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server denganworkstation.
·         Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client- server, karenasetiap komputer/peer di samping harus mengelola pemakalan fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendini.
 
·         Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki. Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut.

Jenis Jaringan
Local Area Network (LAN)
Local Area Network atau di singkat LAN, merupakan jaringan local yang digunakan oleh suatu organisasi untuk berbagi sumber daya (resource sharing) seperti printer dan file, LAN biasanya dibangun dan dikelola oleh Organisasi tersebut. Teknologi LAN antara lain Ethernet, Token Ring dan FDDI.

Metropolitan area Network (MAN)
Metropolitan area Network atau disingklat MAN, pada dasarnya merupakan versi lan yang berukuran lebih besar dan biasanyamenggunkan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencangkup kantor – kantor, perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network atau disingkat WAN, jangkauannya mencangkup daerah geofrafis yang terjadinya komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh. WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan akses ke computer-komputer atau file server pada lokasi lain. Beberapa teknologi WAN antara lain adalah modem, ISDN, IDL, frame relay, T1, E1, T3, E3 and sonnet.

Intranet
Melibatkan jaringan LAN dan web server yang terpasang pada jaringan LAN tersebut. WEB server digunakan untuk melayani permintaan pengguna internal suatu organisasi untuk menampilkan data atau gambar. Intranet ini mempunyai sifat yang tertutup yang berarti pengguna dari luar organisasi tidak dapat mengaksesnya.


Internet
Sebenarnya terdapat banyak jarigan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat lunak yang berbeda-beda.Orang yang terhubung ke jaringan sering beharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringanb yang sering kali tidak compatible dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang di perlukan, baik perangkat keras, maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terkoneksi inilah yang disebut dengan Internet.
Ketika sebuah perusahaan berkembang menjadi beberapa lokasi, maka masing – masing lokasi mengembangkan jaringan lokalnya. Ketika dibutuhkan koneksi antar LAN pada perusahaan tersebut, maka terbentuklah WAN.

0 comments:

Post a Comment