Permasalahan Yang Terjadi Pada Printer, Monitor, dan Scaner Serta Solusinya

Permasalahan Yang Terjadi Pada Printer

 
Selama menggunakan printer, mungkin anda pernah mengalami masalah-masalah berikut:
Hasil cetakan bergaris atau keluar namun warna pudar
Kemungkinan penyebabnya:
* Ada gelembung udara dalam cartridge (kemungkinan bisa disebabkan saat           penyuntikan/pengisian ulang cartridge).
* Print head kemungkinan tersumbat oleh tinta yang kering (bisa disebabkan karena jarang dipergunakan).
* Print head rusak/tergores/posisi berubah karena kerusakan fisik
* salah dalam pemasangan cartridge.
* Ada yang kehabisan tinta untuk warna tertentu atau semuanya
* Salah settingan pada komputernya.

Contoh solusi:
* Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge (baca manual printer sesuai dengan printernya)
* Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah.
* Ganti cartridge yang lama/rusak
* Jaga benar jangan sampai membuka seal film bagian bawah walo keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali
* Cek kembali yakinkan saat anda mencetak tidak dalam settingan kualitas cetakan draft atau super ekonomi
* Ganti print head lama atau yang rusak

Hasil cetakan tak keluar sama sekali

Kemungkinan penyebabnya:
* Banyak gelembung udara di dalam cartridge
* Printer dan uzur (tua) atau rusak atau tertutup bagian print head-nya
* Label berwarna (kuning) tak dibuang

Contoh solusi:
* Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge (baca manual printer sesuai dengan printernya)
* Kocok cartridge beberapa kali (3-4) sebelum memasangnya
* Buang lebel kuning supaya udara bisa mengalir untuk mencetak secara normal
* Jaga benar jangan sampai membuka seal film bagian bawah walo keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali

Printer tak mengenali cartridge yang baru dipasang
Kemungkinan penyebabnya:
* Cartridge tak terpasang dengan benar
* Menyentuh chip kecil pada cartridge dengan tangan atau juga chip tersebut kotor/basah (chip ini mudah rusak)
* Rusaknya sebagian jalur (rangkaian pada cartridge)

Contoh solusi:
* Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah.
* Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan chip bila chipnya memang kotor
* Cek jalur rangkaiannnya jika ada yang rusak
* Jika memang tak dimungkinkan tuk diperbaiki beli aja yang baru

Setelah dipasang cartridge baru ada peringatan bahwa cartridge yang terpasang tidak asli
Kemungkinan penyebabnya:
* Pesan yang umum dari produsen untuk pengguna

Contoh solusi:
* Pesan ini abaikan saja jika ada pertanyaan jawab aja “yes” atau lalukan sesuai permintaan, kasus ini tak mempengaruhi kualitas hasil cetakan dengan printer tersebut



Setelah mengganti Cartridge baru, masih tetap keluar peringantan “Tinta habis”
Kemungkinan penyebabnya:
* Hal ini bisa disebabkan karena sewaktu kita mengganti cartridge posisi printer dalam keadaan mati, sehingga memory printer masih tetap dalam keadaan sebelumnya “tinta habis”


Permasalahan Yang Terjadi Pada Monitor

 

Mengatasi masalah komputer memang gampang-susah salah satu kuncinya tidak gampang menyerah dan terus mencoba. Salah satu permasalahan yang sering di alami bagi penguna komputer biasanya bermacam-macam diantaranya permasalahan yang terjadi pada monitor.
Pada saat proses booting komputer, tombol power yang terdapat pada monitor sudah ditekan tetapi monitor tetap gelap dan tidak mau menyala.
Solusi :
Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON.
Jika lampu indikator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun yang ke arah outlet listrik.Pastikan bahwa pemasangan sudah benar.
Apabila tetap tidak menyala, gantilah dengan kabel power lain.

Jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna orange atau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.Pastikan sudah terpasang dengan benar.
Apabila dengan pengecekan di atas masalah ini tetap tidak teratasi berarti ada problem pada sinyal video board adapter CRT.

* Masalah lain yang bisa timbul adalah monitor menjadi gelap saat loading windows. Kemungkinan besar disebabkan karena setup driver untuk monitor tidak tepat. Yang sering terjadi adalah karena dalam keadaan ON screen display setting, setting frekuensi terlalu tinggi.
Solusi :
Lakukan booting windows dalam keadaan safe mode dengan cara menekan F8 saat komputer loading windows.
Lakukan instalasi ulang driver VGA Card. Setelah itu pilih jenis monitor yang cocok yang akan menentukan frekuensi maksimal yang akan ditampilkan oleh windows.

* Masalah lain yang bisa terjadi pada monitor adalah ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan. Terdapat font, ikon, menu dan semua tampilan pada monitor yang terlalu besar atau malah terlalu kecil. Hal tersebut di atas berhubungan dengan resolusi monitor yang mungkin terlalu tinggi ataupun terlalu rendah sesuai dengan selera pengguna. Untuk mengubahnya, bisa melalui display properties.
Solusi :
Lakukan klik kanan di sembarang tempat di desktop. Kemudian akan muncul beberapa menu dan pilihlah Properties. Maka akan muncul kotak dialog properties.Kemudian pilihlah tab Settings.

Ubahlah resolusi sesuai dengan keinginan dengan memperbesar ataupun memperkecil nilai yang ada di kotak Screen Area, kemudian klik OK.Dalam mengeset resolusi, yang harus diperhatikan adalah kompatibilitas resolusi yang didukung oleh VGA Card dan monitor yang dimiliki. Pemilihan resolusi yang didukung oleh kartu VGA namun tidak didukung oleh monitor yang dimiliki akan menyebabkan monitor tidak menampilkan gambar dengan sempurna.

Permasalahan Yang Terjadi Pada Scaner
 

KONEKSI KE SCANNER GAGAL
Masalah :
Pada saat kita akan mengkoneksikan computer ke Scanner untuk melakukan proses scan, muncul pesan kesalahan “Scanner access failed “ atau “Scanner not found” sehingga menggagalkan proses scan yang akan dilakukan

Solusi :
Scanner yang belum terkoneksi secara hardware ini bisa saja disebabkan karena card SCSI – interface tidak terpasang dengan benar, jadi coba matikan computer dan cek koneksi kabelnya.
Perlu diingat juga bahwa pada waktu menghidupkan computer perangkat scanner harus dihidupkan terlebih dahulu sebelum computer dinyalakan. Proses booting akan mendeteksi dan mencari koneksi computer ke scanner jika perangkat tersebut ada.

MEMORY TIDAK CUKUP UNTUK SCAN
Masalah :
Komputer dapat terhubung dengan scanner. Tetapi [ada saat melakukan proses scan, tiba-tiba proses berhenti dan muncul pesan kesalahan “Not Enough Memory”

Solusi :
Pesan tersebut biasanya terjadi karena sisa ruang hardisk anda sangat kecil, coba scan ulang dengan resolusi yang lebih kecil

HASIL SCAN TERLIHAT KOTOR
Masalah :
Setelah proses scan dijalankan, ternyata gambar hasil scanner tidak memuaskan anda, gambar terlihat pecah-pecah dan bercak terdapat disana-sini yang mengotori gambar.

Solusi :
rusaknya gambar, bisa saja disebabkan oleh jamur dalam kaca scanner. Untuk mengatasi hal tersebut bersihkan kaca scanner secara rutin, atau membeli cairan khusus pembersih kaca scanner

Jika gambar yang di scan terlihat pecah, mungkin itu disebabkan oleh resolusi yang rendah, tidak ada salahnya jika anda menaikan resolusi nya.
GAMBAR HASIL SCAN KABUR
Masalah :
Saat di scan gambar hasil scan terlihat tidak jelas dan kabur seperti terkena efek blur.

Solusi:
Proses scan terlihat kabur, coba anda set resolusi displaynya ke high color 16-bit dan biarkan scanner melakukan pemanasan dan make sure kaca scanner tidak kotor.

HASIL SCAN BELANG SEBELAH
Masalah :
Gambar  hasil scan terlihat belang sebelah dan tidak rata, ada warna kuning ,merah, dll.

Solusi :
Masalah ini mungkin dikarenakan karena scanner sudah terlalu lama dinyalahkan hal itu membuat scanner panas, coba anda matikan memberapa saat lalu anda coba lagi, scanner yang ceoat panas akan mempercepat umur scanner.

0 comments:

Post a Comment